Hetalia: Axis Powers - Iceland Potensi Bahasa dan sastra Indonesia dalam mengembangkan nilai-nilai karakter Bangsa - Rieedly

Potensi Bahasa dan sastra Indonesia dalam mengembangkan nilai-nilai karakter Bangsa





            Hai sahabat Blog https://arifajar2.blogspot.com kali ini saya sebagai pemilik blog ini mengikuti lomba dengan tema "Potensi Bahasa dan sastra Indonesia dalam mengembangkan nilai-nilai karakter Bangsa" dan di artikel pertama ini saya akan membuat artikel tentang bulan bahasa.

            Sebagai warga negara Republik indonesia ini kita harus bangga akan keragaman sastra dan bahasa yang di miliki oleh indonesia ,lantas bagaimana kita mengembangkan kekayaan yang dimiliki itu? Yup,salah satunya yaitu dengan cara sering membaca dan sering mempelajari tentang kekayaan sastra dan bahasa yang dimiliki oleh bangsa indonesia ini.

           Lantas apa itu bulan bahasa? pasti kalian bertanya-tanya apa sih bulan bahasa...?Yup , Bulan bahasa merupakan perayaan yang dimana di bulan tersebut terjadi suatu peristiwa yang dimana rakyat indonesia menyatakan bahwa bahasa indonesia menjadi bahasa nasional yang berlaku di seluruh penjuru indonesia dan bulan bahasa ini jatuh di bulan Oktober.

          Bukan hanya bahasa loh sahabat blog ,tetapi indonesia juga kaya akan sastra dan budaya nya memiliki ribuan budaya yang tersebar di indonesia . Ribuan bukan angka yang kecil loh sahabat blog , Jadi kita sebagai bangsa indonesia harus berbanga dan melestarikan budaya-budaya yang masih ada sampai saat ini.

          Oh iya di artikel kali ini dalam rangka bulan bahasa akan menganalisis sebuah novel.Tapi sebelum nya kalian sudah tau belum apa itu novel ?



         Novel menurut saya adalah sebuah karangan prosa yang dimana mengandung serangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang disekelilingnya, Dengan memperlihatkan watak dan sifat dari setiap tokoh yang ada di novel, mau baik dan jahat di dalam novel sifat nya bakal di perlihatkan secara jelas.

       Nah sahabat blog kalian sudah tau kan apa itu novel dan sekarang saya akan menganalisis sebuah novel yang berjudul : "BUMI MANUSIA" nah novel bumi manusia ini termasuk kedalam novel sejarah sahabat blog, karena mengandung unsur-unsurkejadian yang terjadi di masa lampau. Baiklah langsung saja ke point nya ya sahabat blog.

1.Detail novel



Genre novel  : Novel Sejarah
Judul Novel  : Bumi Manusia
Penerbit        : Hasta Mitra
Pengarang     : Pramoedya ananta toer
Tanggal Rilis : 1980
Ketebalan      : 535 Halaman
Harga Novel  : Rp. 47.000,-

Ringkasan sinopsis :

           Di novel ini bercerita tentang seseorang yang bernama Minke .Minke adalah salah satu anak pribumi yang sekolah di HBS (sebuah sekolah menengah jaman belanda). dan hanya orang-orang beketurunan eropa lah yang bisa masuk ke sekolah tersebut.ia sangat pandai menulis. Tulisannya bisa membuat orang sampai terkagum-kagum dan dimuat di berbagai Koran Belanda pada saat itu. dan Minke ini mempunyai Hobi menulis yang membuat teman-teman nya menjadi kagum terhadap minke.Sebagai orang pribumi ,ia di benci oleh siswi-siswi eropa lain nya. Hingga Ia berani melawan ketidakadilan yang terjadi pada bangsanya. Ia juga berani memberontak terhadap kebudayaan Jawa, yang membuatnya selalu di bawah.


          Suatu ketika Robert Surhorf masuk kedalam kamar pemondokan Minke tanpa permisi, tanpa ketok pintu. Betapa kagetnya Minke melihat kelakuan temannya itu. Robert mendapati Minke sedang mengungkungkan gambar seorang yang di idamkannya, Rati Wilhelnima. Melihat Minke seperti itu, Robert menertawai Minke, mengejek, juga mencaci maki. Dia selalu tak senang melihat Minke bahagia. Baginya Pribumi adalah golongan dibawahnya. Tak terima dengan hinaan Robert, Minke kemudian melawan. Tapi Robert tak kehilangan akal, dia mengajak Minke pergi kerumah seorang gadis yang mirip dengan Ratu di fotonya, bahkan lebihcantik darinya. Awalnya Minke tak ingin tapi Robert terus mendesaknya dan mengatainya. Minke merasa tertantang, dan akhirnya menerima ajakan Robert Surhoof.


Robert telah mempersiapkan dokar, mereka menaiki dokar tersebut lalu berangkat kerumah seorang bidadari. Minke tahu niat Robert yang hanya ingin mempermalukannya, tapi Minke tak gentar. Ia bertekad tidak akan kalah dari Robert.

Mereka sampai ditempat tujuan, didaerah Wonokromo. Di sebuah rumah yang berloteng kayu, berpelataran luas dengan tulisan : boerderij buitenzorg. Sampai disana seorang pemuda Indo – Eropa telah menyambut. Teman Robert Surhorf. Dia hanya menyambut Surhorf dan tidak menyambut Minke, pandangannya begiti tajam pada Minke. Lalu juga ada seorang gadis berkulit putih, halus, berwajah Eropa, berambut dan bermata Pribumi, bernama Annelies Mellema. Minke begitu terpukau, dan inilah gadis yang dimaksud Surhorf. Minke melihat Robert Mellema dan Surhorf tenggelam dalam obrolannya mengenai bola, dan Minke tidak mengerti. Ia memutuskan untuk melihat – lihat perabot yang indah di rumah itu bersama Annelies. Di sela percakapan dan obrolan Minke, datang seorang wanita Pribumi, berkebaya putih dihiasi renda – renda mahal. Begitu mengagumkan bagi Minke. Dan juga lebih mengagetkan Minke karena wanita Pribumi itu berbahasa Belanda dengan baik. Annelies memperkenalkan Minke pada Mamanya yang akrab disapa dengan Nyai Ontosoroh. Setelah berkenalan Nyai Ontosoroh pergi untuk melanjutkan pekerjaannya.Annelies mengajak Minke berjalan – jalan, Minke sempat terkejut melihat Annelies, gadis kecil yang pintar, gesit. Diusianya yang masih muda dia telah membantu Mamanya mengurus perusahaan besarnya. Perusahaan yang di urus oleh dua orang saja, Nyai Ontosoroh dan Annelies. Minke begitu terpesona dengan mereka, terutama pada Nyai Ontosoroh, seorang Pribumi yang tanpa mengenyam bangku pendidikan tapi pengetahuannya begitu luas, mengenai perdagangan, perusahaan, administrasi, perkebunan, peternakan, bahkan mungkin dalam segala hal dia tahu. Nyai Ontosoroh yang hanya belajar otodidak dari suaminya Tuan Mellema. Kedatangan Minke di tengah – tengah keluarga Mellema membawa kesenangan tersendiri, terutama bagi Nyai dan Annelies. Minke yang telah jatuh cinta pada Annelies, dan begitu pula Annelies, minke yang jatuh cinta pada keluarga itu, anggapan mengenai keluarga Mellema selama ini yang salah, berbeda dari pemikirannya dan juga yang dipergunjingkan oleh para manusia.
Semenjak berkunjung dari rumah Nyai Ontosoroh, kehidupan berjalan seperti sedia kala, hanya Minke sedikit berubah. Boerderij Buitenzorg di Wonokromo seperti memanggil Minke, wajah Annelies yang selalu membayanginya. 

Lalu bagaimana dan apa saja sih yang di lakukan minke dalam novel "Bumi Manusia" ini?kalian bisa baca novel ini karena munurut saya novel ini sangat menarik dan memiliki kesimpulan serta pesan-pesan menarik yang terdapat dalam novel ini. Bahkan pada awal rilis novel ini mendapat apresiasi dari IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia).




Nah nanti pada artikel selanjutnya rencana saya akan menganalisis sebuah karya yang tidak kalah menarik . pada artikel kali ini saya mengucapkan terima kasih kepada dewan guru serta panitia lomba bulan bahasa semoga di artikel yang pertaama ini dapat memberi pengetahuan kepada sahabat blog..


Baca juga Hal-hal atau updatean yang tentang Sekolah saya di :


http://sman1banjar.sch.id/html/


Sekian dari saya selaku pemilik blog https://arifajar2.blogspot.com/ semoga dapat menambah pengetahuan dan jangan lupa untuk follow agar selalu mendapat notifikasi updatean terbaru yang terdapat di blog saya .Akhir kata saya ucapkan terimakasih sebesar besarnya terhadap allah swt dan guru SMAN 1 Banjar selaku panitia loba bulan bahasa ini.










#Bulanbahasa

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Potensi Bahasa dan sastra Indonesia dalam mengembangkan nilai-nilai karakter Bangsa"

Post a Comment